Inilah Cara kerja Panel Surya di Negara China

Pada tahun ini negeri berjuluk tirai bambu ini menghasilkan 80% energi surya yang lebih banyak daripada tahun lalu. Cina sendiri memang berambisi untuk menjadi pemasok atau produsen energi terbarukan terbesar di dunia. Sekarang ini hampir semua kota di dominasi oleh panel surya.

Energi Terbarukan Berarti Udara Bersih
Salah satu alasan utama mengapa Cina berani untuk berinvestasi secara besar-besaran pada energi terbarukan karena semakin banyak bencana kabut asap terjadi di kota-kota besar, disebabkan karena dari bahan bakar fosil guna menghasilkan listrik. Namun sekarang kota-kota di Cina mulai dipenuhi oleh panel surya untuk memproduksi tenaga listrik.

Awal yang Lambat
Pembangkit listrik tenaga surya pertama yang kembangkan oleh Cina adalah di Dunhuang yang beroperasi pada tahun 2010, namun pada saat itu kapasitasnya hanya 100 Megawatt. Awalnya Cina memang merasa kesulitan mewujudkan lusinan proyek energi terbarukan. Namun pada tahun 2011, Cina secara kontinyu menambah kapasitas produksi energi surya.

Panen Panel Surya di Chuzhou
Kota kecil seperti Chuzhou yang terletak di timur Cina, banyak sekali hingga ribuan panel surya membentang diperbukitan yang mendominasi daerah pertanian tersebut. Lokasinya memang strategis, karena berjarak hanya 50 km. Karena taman surya terbesar Cina sendiri terletak di kawasan Gobi yang jaraknya ribuan kilometer dari pusat produksi.

Ambisi Besar
Rencananya pada tahun 2020 Cina akan meningkatkan kapasitas dalam menghasilkan energi surya menjadi 20 Gigawatt. Tahun lalu saja Beijing dapat mencapai target yang diberikan dengan menghasilkan sebesar 34 Gigawatt. Pada triwulan 2017 Cina bahkan dapat menghasilakn energi surya 80% lebih besar daripada tahun lalu.

Dana Besar dari Hal Kecil
Guna dapat menghasilkan kualitas udara di kota besar, Cina mulai meningkatkan mobilitas elektrik berharga terjangkau, seperti becak ini. Hingga tahun 2020 pemerintahan di kota Beijing akan memberikan dana dengan jumlah 343 miliar Dollar AS agar pembangunan infrastruktur energi surya bisa berjalan lancar.

Enam Menara di Delingha
Di kota Delingha saat akan dibangun PLTS terbesar di dunia yang punya kapasitas sebesar 810 Megawatt per tahunnya. Cara kerjanya dari lahan seluas 25 kilometer persegi, ribuan panel surya memantulkan cahaya matahari ke 6 menara yang memanfaatkan panas untuk menghasilkan tenaga listrik. Pemasangan seperti ini memang lebih mahal daripada taman surya, namun dapat menghasilkan jumlah energi yang lebih konstan.

Baca juga Cara kerja panel surya di Surabaya

Bagikan Artikel

Related Posts

Previous
Next Post »